9/26/16

MENGENAL ALAMAT INTERNET & JENIS-JENIS ALAMAT INTERNET


Mengakses Internet merupakan suatu kegiatan yang berkaitan dengan interaksi user dengan komputer yang terkoneksi dengan internet. Akses internet dapat menggunakan bermacam-macam media seperti komputer, handphone, dan TV kabel. Untuk mengetahui langkah pengaksesan internet lebih lanjut kita pahami materi berikut.

Dimana Anda tinggal? Alamat rumah Anda dimana? dijalan apa nomor berapa? Pertanyaan tersebut sering kali diajukan dalam keseharian kita mengenai alamat rumah/kos. Fungsinya alamat tersebut agar setiap orang yang akan berkunjung atau mengirim barang tepat sampai tujuan dan tidak salah.

Begitupun dengan komputer yang terhubung ke internet, dan diberi nama oleh internet sendiri agar saat seseorang mengirim e-mail atau pesan tidak salah kirim ke komputer lain. Alamat internet ini disebut dengan URL (Uniform Resources Locator) dan ada 3 jenis alamat internet, yaitu seperti berikut.

1. IP-Address (Alamat Internet Protokol)
IP-Address (Internet Protocol Address) adalah kombinasi angka 0 hingga 9, yang disusun atas 4 kelompok angka. Angka-angka ini menunjukkan nama komputer dan jaringan dimana komputer itu berada. Contoh IP-Address adalah 202.156.25.220. Pengertian lain dari IP-Address adalah deretan angka biner antara 32 bit sampai 128 bit yang dipakai sebagai alamat identifikasi untuk tiap komputer host dalam jaringan internet.

Bisa kalian lihat pada gambar diatas, terlihat IP address yang sangat jelas, yaitu 192.168.100.51
Kalian bisa melihat alamat IP address pada komputer/laptop kalian, caranya pada Klik logo seperti monitor komputer > Open Network and Sharing Center > Local Area Connection > Properties > Internet Protocol Version 4 (TCP/IPv4), setelah itu akan terlihat jelas IP Address sobat beserta Subnet mask dan Default gateaway nya.

2. DNS-Address (Sistem penamaan menurut nama kelompok)
Domain Name System Address adalah cara pengalamatan komputer menurut nama kelompok. Penamaan ini tidak lagi menggunakan angka, tetapi berupa huruf. Ada hal yang harus diingat tentang penulisan alamat (URL), yaitu bahwa penulisan URL tidak boleh mengandung spasi. Dan antar kelompok domain dipisahkan oleh tanda titik (.). Contoh, www.microsoft.com ini adalah contoh penamaan yang benar. Dan contoh yang salah adalah: http://www.alamat domain/berita/index.htm.

Sistem penamaan atau cara untuk menuliskan format URL sebagai berikut.
http://www.alamatdomain/berita/index.htm

Keterangan:
  • http: Source type atau service transfer yang digunakan didalam sistem Web, selain http (Hyper tex Transfer Protocol) juga ada FTP (File Transfer Protocol).
  • www: (World Wide Web) alamat informasi yang dituju.
  • Alamat Domain: Alamat informasi yang dituju atau alamat website yang diaktifkan (host domain).
  • Berita: Alamat directory atau folder sebagai tempat informasi tersebut (path atau directory).
  • Index.Htm: Nama homepage yang dibuka (file name).
    Contoh http://www.channel-11net/event/2.htm
Ada beberapa tipe domain, yaitu domain tematis dan domain geografis.

1. Domain Tematis
Terdiri atas beberapa, yaitu:
1) com Commercial/perusahaan contoh: www.infokomputer.com
2) gov government/pemerintahan contoh: www.whitehouse.gov
3) edu education/pendidikan contoh: www.mit.edu
4) mil military/militer contoh: www.abri.mil.id
5) org organization/organisasi bukan komersial contoh: www.amanat.org
6) net network/jaringan contoh: www.cybernet.co.id

2. Domain Geografis (Negara)
1) it untuk negara Italia
2) uk untuk negara Inggris (United Kingdom)
3) id untuk negara Indonesia
4) selengkapnya lihat di wikipedia

3. Email-Address (Alamat E-mail/Alamat Surat Elektronik)
Pengalamatan URL ini berbeda dengan 2 tipe sebelumnya. Alamat surat elektronik (e-mail) digunakan untuk mengirim/menerima e-mail. Contohnya alpariji@yahoo.com, falach99@gmail.com, dan lain lain. Alamat e-mail biasanya digunakan dalam kehidupan bermedia sosial, karena jika salah alamat bisa jadi pesan maupun orang yang kita kira sebagai teman melainkan bukan, hanya karena alamat email yang salah.

Well, itu tadi pembahasan kita mengenai alamat internet beserta jenisnya, semoga dapat menambah wawasan dan ilmu kalian seputar internet yah, hehehe. Kalau kalia suka dengan artikel ini mohon untuk share ya, agar blog ini makin di kenal dan dapat memberikan ilmu serta wawasan yang berguna bagi banyak orang. Sekian dan terima kasih sudah membaca artikel ini.

No comments:

Post a Comment