9/7/16

3 Elemen Komputer | Hardware, Software & Brainware Yang Harus Kalian Tau


Komputer agar dapat berfungsi sebagai pengolah kata untuk menghasilkan suatu informasi, maka diperlukan sistem operasi yang terdiri dari 3 elemen penting bagi komputer, ketiga elemen tersebut terdiri dari HARDWARE, SOFTWARE, dan BRAINWARE. Dari ketiga elemen computer tadi, masing-masing mempunyai fungsinya sebagai berikut:

Hardware
Adalah perangkat keras yang bisa disentuh, dilihat dan dirasakan. Hardware pada dapat dibagi menjadi tiga perangkat, yaitu perangkat Input (Masukan), perangkat pengolah (mengolah data), dan perangkat out put (keluaran). Dari ketiga perangkat ini, berfungsi untuk memasukan data yang berupa teks, gambar, atau semacamnya kedalam komputer. Kemudian di olah oleh perangkat input, lalu akan di olah kembali menjadi data oleh prosesor sebagai otak komputer, dan kemudian setelah mengalami dua proses tadi, akan keluar lah data yang tadi dimasukan dan diolah tadi lewat perangkat out put.

(Perangkat Input/Masukan: Keyboard, mouse, michrophone, joy stick, dll)

(Perangkat Pengolah: Prosesor)


(Perangkat Output/Keluaran: Monitor, speaker, printer, dll)


Software
Adalah perangkat lunak yang bisa dilihat, dirasakan, namun tidak bisa dipegang. Software di intruksikan/diperintahkan dari brainware kemudian di olah menjadi bahasa komputer yang sudah tertanam dalam komputer, kemudian menghasilkan sebuah kenyamanan dalam bermain komputer. Tanpa adanya software ini, komputer yang dimainkan tidak akan berfungsi dengan sempurna, karena kerja software ini menerjemahkan bahasa komputer secara otomatis, dan manusia sulit untuk menerjemahkannya secara sendiri. Namun tidak selamanya software ini berarti tugasnya hanya menerjemahkan atau sebagai alat bantu, software dapat dibedakan menjadi 3, yaitu:

(Software Jenis Aplikasi: adalah suatu program yang berfungsi untuk diaplikasikan untuk memenuhi kebutuhan si brainware/user, contohnya MS.OFFICE, EXCEL, dll)


(Software Jenis Operasi: sebuah sistem yang mengorganisasikan semua sistem/komponen komputer. Contoh software jenis operasi adalah Microsoft, Linux, Unix, dll)

(Software Jenis Pembantu/utility: Suatu program yang membantu sistem kerja komputer, contoh nya seperti antivirus, scan disk, direct x, dll)


Brainware
Adalah orang yang menggunakan, memakai ataupun mengoperasikan komputer. Brainware juga dapat disebut sebagai otak komputer, karena semua yang akan di olah, bermula dari pikiran si user atau brainware yang ingin mencari suatu informasi atau data, kemudian di masukan lewat hardware seperti keyboard, dan di terjemahkan oleh sistem software sejenisnya, kemudian dikeluarkan lewat hardware seperti menampilkan data lewat monitor, maupun printer.


(Perangkat Otak: Programer, hacker, cracker, gamer, networker, animator, designer, dll)

Nah itu tadi penjelasan kita mengenai ketiga elemen komputer yang berperan sangat penting dalam membantu satu sama lain, semoga di kehidupan kita pun dapat membantu satu sama lain seperti sistem kerja komputer ini yah yang saling membutuhkan. Semoga bermanfaat dan berguna, sekian dan terima kasih sudah membaca artikel ini.

No comments:

Post a Comment