9/29/16

Pengertian, Manfaat & Jenis Jaringan Komputer Yang Harus Kalian Tau


Pengertian Jaringan komputer merupakan sistem yang terdiri dari gabungan beberapa perangkat komputer yang di desain untuk dapat berbagi sumber daya, berkomunikasi, dan akses informasi dari berbagai tempat antarkomputer yang satu dengan yang lain.

Manfaat jaringan komputer ialah:
1) Berbagi sumber daya/pertukaran data.
2) Mempermudah berkomunikasi/bertransaksi.
3) Membantu akses informasi.
4) Mampu memberikan akses informasi dengan cepat dan update.

Jenis-Jenis Jaringan Komputer

1. Berdasarkan Jangkauan Wilayahnya
  • LAN (Local Area Network)
    Local Area Network sering kita jumpai di perkantoran, kampus, maupun warnet. Jaringan ini dapat menghubungkan lebih dari 2 komputer di ruangan jarak dekat hingga beberapa km saja.
  • MAN (Metropolitan Area Network)
    Sesuai dengan namanya, jenis jaringan ini memberikan layanan hingga wilayah yang luas dan kemampuan transfer datanya pun berkecepatan sangat tinggi. Wilayah yang menjadi cakupannya berkisar hingga 50 km.
  • WAN (Wide Area Network)
    Jenis jaringan ini memberikan layanan lebih luas lagi dibanding dengan MAN. WAN dapat menghubungkat suatu wilayah bahkan negara lain. WAN pada dasarnya merupakan kumpulan beberapa LAN yang ada di beberapa lokasi sehingga dibutuhkan sebuah device untuk menghubungkannya dan device itu kita sebut router.

2. Berdasarkan Media Transmisi
Berdasarkan media tranmisi ada 2 jenis, yaitu jaringan berkabel, dan jaringan nirkabel jaringan yang tidak menggunakan kabel sebagai penghubung ke jaringan internet atau semacamnya.
  • Wired Network (Jaringan Berkabel)
    Jaringan ini menggunakan media kabel dalam menghubungkan setiap komputer dalam jaringan.
  • Wireless Network (Jaringan Nirkabel)
    Jaringan ini tidak menggunakan media kabel sebagai alat penghubungnya, tetapi menggunakan gelombang elektromagnetik dalam setiap kiriman sinyal informasinya.

3. Berdasarkan Topologi Jaringan   
Topologi jaringan adalah hal yang menjelaskan hubungan geometris antara unsur-unsur dasar penyusup jaringan, yaitu node, link, dan station.
  • Topologi Bintang 
    Topologi bintang merupakan bentuk topologi yang menghubungkan node tengah ke setiap pengguna dan membentuk bintang.
  • Topologi Cincin
    Topologi cincin adalah topologi jaringan berbentuk rangkaian sedemikian sehingga membentuk jalur melingkar dan membentuk cincin.
  • Topologi Bus
    Topologi bus merupakan topologi yang banyak digunakan pada masa penggunaan kabel sepaksi menjamur.
  • Topologi Jala
    Topologi jala dapat disebut juga topologi mesh. Topologi mesh adalah suatu bentuk jaringan antar perangkat di mana setiap perangkat terhubung secara langsung keperangkat lainnya yang ada didalam jaringan.

4. Penggolongan Jaringan Berdasarkan Metode Distribusi Data
Berdasarkan distibusi datanya, jaringan komputer dibagi menjadi 2, yaitu:
  • Jaringan terpusat, terdiri atas beberapa komputer terminal yang terhubung ke komputer induk (host). Komputer induk berisi data dan aplikasi, sedangkan komputer terminal mengambil data atau aplikasi di komputer induk. Contoh monitor yang terhubung secara fisik dengan komputer induk. Jaringan terpusat juga memiliki kelebihan, yaitu: keamanan datanya terjaga dan pemakaian CPU menjadi lebih efisien.
  • Jaringan terdistribusi, jaringan terdistribusi kebalikannya jaringan terpusat. jaringan terdistribusi terdiri atas beberapa komputer induk yang terhubung berbagai terminal.

5. Penggolongan Jaringan Berdasarkan Hubungan Fungsional Komputer dalam pemrosesan data
Berdasarkan cara akses dan pemroses datanya, jaringan komputer dibagi menjadi 2, yaitu:
  • Jaringan client-server, dalam model ini ada komputer yang berfungsi sebagai administrator atau pengelola jaringan yang disebut server dan ada komputer sebgai pengguna layanan yang di sebut client. Untuk dapat mengakses jaringan yang di inginkan, client harus terlebih dahulu login ke komputer server.
  • Jaringan peer to peer, model ini digunakan untuk jaringan kecil. Biasanya terdiri dari beberapa komputer saja. Setiap komputer dapat berfungsi sebagai server maupun client pada waktu yang sama. Pada sistem operasi Windows, model peer to peer dikenal sebagai workgroup.

No comments:

Post a Comment