9/2/16

BERIKUT PERANGKAT KERAS PENDUKUNG DALAM AKSES INTERNET YANG WAJIB ANDA KETAHUI


Internet merupakan salah satu jalan kita untuk mendapatkan informasi secara aktual dan ter-update, namun akses internet tidak dapat digunakan begitu saja dengan sangat mudah, supaya kita dapat mengakses internet terdapat tiga perangkat keras utama dalam akses internet, yaitu komputer, modem, dan saluran telepon agar dapat mengakses internet.

Namun adapun perangkat keras pendukung dalam akses internet seperti, hub/switch, repeater, bridge, dan router, masing-masing perangkat mempunyai fungsinya tersendiri, mulai dari menghubungkan peralatan dengan ethernet, menerima sinyal, dan lain-lain. Selengkapnya seperti berikut ini:


"Baca Juga: Perangkat Keras Utama Dalam Akses Internet"

1. Hub/Switch 
Hub/Switch adalah sebuah perangkat jaringan komputer yang berfungsi untuk menghubungkan peralatan-peralatan dengan ethernet 10baseT atau serat optik sehingga menjadikannya dalam satu segmen jaringan, serta menguatkan sinyal di kabel Unshielded Twisted-Pair (UTP). Hub juga dapat dibedakan menjadi dua yaitu, Active Hub merupakan sebuah repeater elektrik yang dilengkapi dengan 8 konektor sebagai penghubung nya, dan satu lagi adalah Pasive Hub, merupakan sebuah repeater elektrik yang mempunyai 4 konektor sebagai penghubungnya.


2. Repeater
Repeater adalah perangkat yang di gunakan untuk menerima sinyal dan memancarkan kembali sinyal tersebut dengan kekuatan yang sama dengan sinyal asli. Tanpa adanya repeater, sebuah signal tidak akan mampu menjangkau tempat yang jauh, repeater ini berfungsi sebagai penguat sinya. Adapun kegunaan lain dari repeater seperti, memperkuat daya jangkau signal server, mengcover wilayah yang minim signal, memudahkan akses signal wi-fi, dan meneruskan serta memaksimalkan signal.



3. Bridge
Bridge adalah sebuah komponen jaringan yang digunakan untuk memperluas jaringan atau membuat sebuh segmen jaringan. Bridge mempunyai kelebihan yaitu dapat menghubungkan dua tipe jaringan komputer yang berbeda seperti Ethernet dan Fast Ethernet. Bridge dalam akses internet mempunyai 3 fungsi, yaitu berfungsi menghubungkan dua buah jaringan komputer LAN yang sejenis, menghubungkan beberapa jaringan komputer yang terpisah, dan berfungsi juga sebagai router pada jaringan komputer yang luas.



4. Router
Router berfungsi sebagai penghubung antar dua atau lebih jaringan untuk meneruskan data dari suatu jaringan ke jaringan lainnya. Kelebihan router dapat menyaring proses data dan dapat membagi jaringan menjadi beberapa subnet. Router berbeda dengan switch, switch merupakan penghubung beberapa alat untuk membentuk suatu Local Area Network (LAN), jika router berfungsi sebagai penghubung antar dua atau lebih jaringan untuk meneruskan data dari suatu jaringan ke jaringan lainnya. Router juga berfingsi sebagai mentransmisikan informasi dari satu jaringan ke jaringan lainnya, dan berfungsi untuk menghubungkan jaringan lokal ke sebuah koneksi DSL biasa.


Nah itu tadi pembahasan kita seputar Perangkat Keras Pendukung Dalam Akses Internet, semoga dapat menambah wawasan dan ilmu yang bermanfaat yah untuk Anda. Kalau Anda suka dengan artikel ini mohon untuk share ke media sosial atau temen kalian, supaya blog ini makin maju dan dapat memberikan wawasan yang berguna bagi semua orang, hehehe. Sekian dan terima kasih sudah membaca artikel ini.

No comments:

Post a Comment