8/31/16

3 PERANGKAT KERAS UTAMA UNTUK MENG-AKSES INTERNET YANG HARUS ANDA TAU SEBELUM KETINGGALAN ZAMAN, BHAHA


Komputer adalah sekumpulan alat-alat elektronik yang bekerja secara koordinatif yang bedasarkan program komputer sehingga komputer dapat menerima masukan yang berupa data, dan diolah menjadi sebuah informasi.

Namun seiring berkembangnya zaman, informasi, yang kita dapatkan dapat dengan mudah dicari di internet. Internet yang merupakan jaringan raksasa yang mencakup seluruh dunia, tentu sudah menjadi bagian dari dunia ini. Banyak orang yang mencari informasi lewat internet ini, karena akses nya yang mudah, serta cepat dalam update informasi terbaru, tidak heran, sekarang internet sudah sulit dipisahkan dari masyarakat dunia.

Tapi, perlu kalian tau, dalam mengakses internet, perlu perangkat-perangkat yang berperan sebagai penghubung ke internet, tanpa adanya perangkat tersebut, seseorang tidak akan bisa mengakses internet. Maka dari itu, disini kita akan membahasnya seputar perangkat keras utama dalam akses internet, yang pastinya belum banyak orang tau termasuk kamu, hehehe. Berikut perangkat utama dalam akses internet.

"Baca Juga: Perangkat Keras Pendukung Dalam Akses Internet"

1. Komputer
Komputer yang merupakan komponen paling utama dalam akses internet tentu harus ada dalam mengakses internet. Namun harus diketahui juga, spesifikasi minimal komputer (PC) untuk dapat mengakses internet sebagai berikut:



  • Processor Pentium III 500 MHz
  • RAM 64 MB
  • VGA Card 4 MB
  • Sound Card dan Speaker (Sebagai tambahan saja)
  • CD ROM
  • Hardisk 2 GB
  • Monitor CRT SVGA
  • Power Supply

2. Modem
Modulator merupakan bagian yang mengubah sinyal informasi ke dalam sinyal pembawa (carrier) dan siap untuk dikirimkan, sedangkan Demodulator adalah bagian yang memisahkan sinyal informasi (yang berisi data atau pesan) dari sinyal pembawa yang diterima sehingga informasi tersebut dapat diterima dengan baik. Data dari komputer yang berbentuk sinyal digital diberikan kepada modem untuk diubah menjadi sinyal analog, ketika modem menerima data dari luar berupa sinyal analog, modem mengubahnya kembali ke sinyal digital supaya media telekomunikasi seperti telepon dan radio. Setibanya di modem tujuan, sinyal analog tersebut diubah menjadi sinyal digital kembali dan dikirimkan kepada komputer, dan dari komputer kita memasukan data berupa ketikan yang ingin kita cari di internet yang berupa informasi. Adapun Jenis-jenis modem berdasarkan kategori sebagai berikut:

Jenis-jenis modem berdasarkan kategorinya
Modem dapat dibedakan berdasarkan jenis kategori nya, ada berdasarkan letaknya, cara koneksinya, dan berdasarkan isp yang digunakannya, seperti berikut.

(Berdasarkan letaknya)
Modem dapat dikategorikan berdasarkan tata letaknya, ada dua kategori yang bedasarkan tata letanya, ada modem eksternal (yang dipasang diluar komputer), dan internal (yang dipasang didalam komputer, seperti berikut:

  • Modem eksternalModem ini yang ditempatkan diluar perangkat utama CPU. Modem ini terpisah dari PC dan dihubungkan melalui kabel LAN atau kabel USB, tergantung tipe modemnya.
  • Modem internal
    Modem internal merupakan modem yang dipasang dalam komputer terutama pada slot ekspansi yang tersedia dalam motherboard komputer. Rata-rata kecepatan modem internal untuk melakukan download adalah 56 Kbps.



(Berdasarkan cara koneksi dengan ISP)
Modem dapat dibedakan lewat cara koneksinya dengan ISP (Internet Service Provider), karena setiap modem berbeda jaringan dengan penyedia layanan internet. Modem berdasarkan cara koneksi dengan ISP seperti berikut.

  • Modem wireline atau wired
    Modem wireline atau wired adalah modem yang digunakan media kabel untuk berkoneksi dengan ISP. Kabel yang digunakan pun beragam dan ada banyak, namun kita tidak akan membahasnya disini, hehehe.
  • Modem wireless
    Modem wireless adalah modem yang menggunakan media nirkabel (gelombang elektromagnetik) untuk berkoneksi dengan ISP. Modem jenis ini tidak menggunakan kabel untuk dapat terkoneksi dengan ISP, dan banyak yang memilih menggunakan modem jenis ini, karena tidak perlu kabel untuk dapat terhubung dengan ISP, namun modem jenis ini terbilang cukup mahal jika dibandingkan dengan modem jenis wireline.


(Berdasarkan ISP yang digunakan)
Modem dapat dibedakan juga dengan ISP yang digunakan, karena beda penyedia layanan, beda juga dengan modem yang akan digunakan. Seperti berikut modem berdasarkan ISP yang digunakan.

  • Modem ADSL (Asymmetric Digital Subscriber Line)
    Modem ADSL adalah perangkat yang digunakan untuk menghubungkan komputer atau router ke saluran telepon, untuk menggunakan layanan ADSL.
  • Modem DSL (Digital Subcriber Line)
    Modem DSL adalah jenis modem yang digunakan untuk menghubungkan komputer ke internet. Modem DSL ini dapat menyediakan akses internet yang berkecepatan tinggi, tidak salah, banyak orang yang menggunakan modem jenis ini.
  • Modem CDMA (Code Divinision Multiple Access)
    Modem CDMA merupakan sebuah modem tanpa kabel (nirkabel) yang bekerja dengan jaringan CDMA serta menggunakan teknologi CDMA, modem ini menggunakan frekuensi ultra tinggi yakni 800-1900Hz.
  • Modem GSM (Global System for Mobile Communication)
    Modem GSM adalah modem yang menggunakan telepon seluler sebagai sistem transfer datanya. Agar dapat mengakses internet, modem ini harus di isi dengan kartu sebagai media pengirim data, seperti kartu Telkomsel, Indosat, dll.
  • Modem Dial Up
    Cara kerja modem dial up ini adalah pertama komputer melalui modem dan melakukan pemanggilan ke ISP, setelah terhubung ke ISP modem akan segera melakukan akses internet.
  • Modem Kabel Modem kabel adalah perangkat keras yang menyambungkan pc dengan sambungan TV kabel. Jaringan TV kabel ini dapat dipakai untuk koneksi ke internet dengan kecepatan maksimum 27 Mbps downstream (kecepatan unduh ke pengguna) dan 2,5 Mbps upstream (kecepatan unggah dari pengguna). Agar dapat menggunakan modem kabel, komputer harus dilengkapi dengan kartu ethernet.


3. Saluran Telepon
Saluran telepon juga merupakan perangkat keras yang penting dan diperlakukan untuk menghubungkan komputer ke internet. Pengguna saluran telepon ini juga diikuti dengan penggunaan modem dial up. Selain saluran telepon, untuk melakukan akses internet juga bisa dilakukan dengan menggunakan TV kabel. Untuk bisa mengakses internet menggunakan jaringan TV kabel maka modem yang dipakai adalah modem kabel.



Nah itu tadi pembahasan kita seputar Perangkat Keras Utama Dalam Akses Internet, semoga dapat menambah wawasan serta memberikan ilmu yang bermanfaat kepada kamu ya, hehehe. Dan jika kamu suka dengan artikel ini, mohon share ke temen kalian agar blog ini banyak diketahui dan dapat memberikan wawasan yang berguna bagi banyak orang. Sekian dan terima kasih sudah membaca artikel ini.

No comments:

Post a Comment