5/24/17

Ternyata Asal Tag Di FB Bisa Menimbulkan Fitnah ! | Dan Ini Cara Agar Akun FB Kita Tidak Kena Asal Tag Tersebut

 
Sering kali kita mendapati teman dimedia sosial yang asal membuat postingan di facebook tanpa melihat sisi buruk/baik nya postingan tersebut, dan sering kali kita jadi penandaan dari postingan yang mereka share di facebook. Apalagi postingan yang mereka share bisa berbau SARA, dan kita yang sebagai kena tag/penandaan ini, bisa saja dikenakan pasal ITE, dan bisa jadi kita dipenjara jika tidak ada bukti kuat bahwa itu bukan kita yang memposting. Nah ini ni yang bisa berdampak buruk bagi kehormatan kita di media sosial, sekaligus didunia nyata. Bila sudah begini kita haruslah mengontrol pertemanan di jejaring facebook agar tidak terbawa dengan postingan yang mereka share itu.

Salah Satu Contoh Dampak negatif dari penandaan/tag sembarangan
Dapat menimbulkan fitnah, contohnya teman kita membuat status yang berisi singgungan, dan teman kita merasa tersinggung oleh status nya itu, yang padahal singgungan tsb bukan untuknya. Dan kita menjadi penandaan olehnya, maka bisa saja teman kita yang merasa tersinggung melihat kita yang korban penandaan/tag berfikiran bahwa, kita bersekongkol dengan pembuat status singgungan itu.

Nah bila sudah begitu, seperti yang saya katakan, kita harus mengontrol pertemanan, contohnya dalam bentuk postingan. Bagaimana caranya agar teman facebook nakal tidak sembarang menandai kita? Nah pada kesempatan kali ini saya akan berbagi cara akun facebook kita tidak ditandai/tag teman facebook. Langsung saja ikuti caranya dibawah ini.

  1. Log In terlebih dahulu ke akun facebook kalian.
  2. Pada pojok kanan beranda fb kalian klik logo segitiga menghadap kebawah 🔻, kemudian klik pengaturan, atau bisa ikuti langkah seperti gambar dibawah.


  3. Setelah itu, akan muncul tampilan seperti gambar dibawah. Kemudian perhatikan pada sisi kiri tampilan pengaturan, kemudian klik Kronologi dan Penandaan.


  4. Langkah selanjutnya, kalian akan menuju menu Pengaturan Kronologi dan Penandaan. Nah pada menu tersebut sunting yang tadinya teman menjadi hanya saya pada bagian (Siapa yang dapat menambahkan hal-hal di kronologi saya?) dan sunting juga pada bagian (Tinjau kiriman teman yang menandai Anda sebelum muncul di kronologi Anda?) yang tadinya mati, menjadi Nyala. Biar lebih mudah, samakan seperti gambar di bawah ini.
Bila kalian ingin melihat siapa yang menandai kita, bisa dilihat di menu penyaring, disitu sudah ada status/postingan yang menandai kita, bila status itu menurut kamu jelek, diamkan saja, dan jika bagus, bisa kalian klik Tambahkan ke Kronologi jika ingin ditambahkan ke kronologi.


Selesai, dengan begini teman yang nakal di facebook kita sudah tidak bisa menandai/tag kita, karena postingan yang mereka share harus disetujui oleh kita terlebih dahulu.

ARTIKEL TERKAIT

No comments:

Post a Comment