1/24/18

NEW 2018 | Berikut Alat-Alat Yang Wajib Ada Saat Ingin Membersihkan Perangkat Komputer


Perawatan pada perangkat komputer tentu sangat perlu, bagi Anda yang memiliki komputer, perawatan seperti ini wajib dan harus rutin mengerjakannya. Keuntungan merawat komputer yang kita miliki tentu akan berdampak sangat baik bagi kita saat menggunakannya. Dapat mempercepat kinerja komputer, serta dapat menambah daya tahan komputer agar tidak cepat rusak. Keuntungan yang akan didapatkan jika kita rutin membersihkan komputer seperti berikut.

1. Obeng -/+
Obeng yang satu ini sangat-sangat dibutuhkan jika sobat ingin membongkar pc, karena obeng ini simple dan mudah penggunaannya, pasti selalu ada bila seseorang ingin membersihkan dan melepas komponen komputer. Ditambah lagi obeng ini sangat berguna dibanding dengan obeng jenis lainnya, karena baut yang tertancap/terpasang pada casing-casing dan komponen komputer, pasti bentuk bautnya adalah +, nah pas banget deh jika obeng ini ada ditanganmu saat ingin membersihkan dan membongkar ulang komputer yang ingin dibersihkan, pokoknya berguna banget dah obeng jenis ini, hehehe. Jangan lupa untuk membawanya yah saat ingin membersihkan komputer. 😊


2. Tespen
Bentuknya memang hampir sama dengan obeng -/+ diatas, tapi obeng ini khusus untuk baut-baut kelistrikan, buat anak smk jurusan Elektro pasti sudah ga asing lagi dong dengan yang satu ini, hahaha. Kegunaan tespen adalah sebagai alat cek aliran listrik, nah jika sobat mau bongkat pc buat ngebersihin, pasti di cabut dulu kan kabel power supplynya, karena pada kabel itulah listrik di alirkan ke komputer. Namun sobat jangan langsung cepet cepet untuk membongkarnya, karena masih ada sedikit tegangan listrik yang tersimpan dan tersebar pada besi besi komponen komputer, dan disini nih tespen digunakan, caranya tinggal tempelkan tespen ke besi atau komponen komputer, dan jika lampu pada tespen menyala, maka aliran listrik masih ada di komputernya, namun jika tidak menyala, berarti aliran listrik sudah hilang, dan sobat bisa melanjutkan pembongkaran, hehehe.


3. Kuas
So, setelah kalian melepas semua kerangka komputer kalian mulai dari casing dan motherboardnya, yang dilakukan sekarang adalah membersihkan debu debu nya, cara paling mudah adalah dengan menggunakan kuas. Kalian tinggal siapkan kuas cat, mau yang besar/kecil tidak masalah, tapi jangan terlalu kecil kuasnya, nanti cape dan ga selesai selesai ngebersihinnya, hahaha. Kemudian tinggal bersihkan saja debu debunya, dan bersih deh komputer kalian.



Sebenarnya dari ketiga barang diatas saja sudah cukup untuk membersihkan komputer kalian, namun untuk sobat yang mementingkan aspek kesehatan, saya kasih tambahan alat yang diperlukan untuk membersihkan komputer, agar komputer sobat bakalan sedikit terlihat lebih baru, dan juga yang pastinya besih dari kuman dan kotoran. Berikut alat tambahannya.

4. Penyedot debu mini/pompa angin tembak
Sobat bisa pilih nih, mau penyedot debu atau pompa angin tembak untuk membersihkan debu sampai ke sela-sela terkecil komponen komputer. Jika sobat menggunakan benda ini untuk membersihkan komputer, dijamin komputer sobat bakalan bersih banget dari debu dan kotoran membandel sekecil apapun debunya yang masuk ke komponen komputer. Kita juga bisa liat ya, suka ada debu dibagian heatsink, nah ga perlu repot untuk melepas heatsink untuk membersihkannya, sobat tinggal sedot aja debunya pakai penyedot debu, tau bisa disemprot pakai pompa angin tembak kebagian yang berdebu pada heatsink, dan dengan begitu debu yang berada pada heatsink akan hilang dan bersih kembali deh. Tidak hanya pada heatsink ya, pada power supply dan juga keyboard, masih ada kotoran yang masuk, jadi sobat tinggal semprot/disedot aja, yeaa dengan bergitu bersih semua deh.

Bagian bagian yang harus dibersihkan dengan pompa angin/penyedot debu.
  • Seluruh komponen yang ada di pc
  • Sela-sela keyboard
  • Lubang-lubang monitor


5. Kain+cairan pembersih
Kain dan cairan pembersih ini fungsinya untuk membersihkan sisa-sisa debu yang masih menempel, sekaligus untuk membersihkan kuman kuman yang ada di keyboard. Seperti yang kita tau, keyboard adalah komponen komputer yang sering kita pegang, bisa jadi kita abis bab langsung main komputer dan mengetik, atau tangan kita kotor terus main komputer dan mengetik, kemudian yang terjadi adalah kita lagi main komputer dan habis mengetik dan kita disuruh makan tapi lupa cuci tangan, iiiihh, mana keyboardnya abis kena tempelan bab dan tangan tangan kotor :b huek. Nah haruslah kita rajin rajin membersihkannya dengan cairan pembersih, cairan pembersih nya bisa khusus buat komputer atau ga bisa pakai sabun biasa saja, asalkan saat membersihkannya jangan sampai becek dan air nya masuk kedalam keyboard yah, karena jika sampai masuk, yang ada malah jadi error keyboardnya, saya pernah ngalamin yang seperti itu.



Oke, tadi itu sudah jelas ya alat alat apa saja yang harus ada pada saat ingin membersihkan komputer. Dari ketiga alat diatas saja sudah sangat membantu untuk membersihkan komputer, ditambah jika kalian orang yang higenis, ada 2 alat tambahan lagi yang memaksimalkan kebersihan pada komputer sobat, hehehehe.

Nah mungkin itu aja pembahasan kita mengenai alat yang harus ada pada saat ingin membersihkan komputer, jika ada tambahan lagi silahkan kalian berkomentar dibawah ini, dan jika tidak kerepotan share artikel ini ya, supaya blog ini makin dikenal banyak orang, dan dapat memberikan ilmu serta wawasan yang berguna bagi banyak orang, setuju ?

Akhir kata, wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

No comments:

Post a Comment