1/31/18

HEBOH!! Jarang di Ketahui, Berikut Jenis Jenis Keyboard Pada Komputer Yang Mungkin Belum Kalian Tahu


Keyboard komputer pertama kali diciptakan dan diilhami oleh mesin ketik yang dasar rancangannya dipatenkan oleh Christopher Latham pada tahun 1868 dan banyak dipasarkan pada tahun 1877 oleh Perusahaan Remington. Keyboard pertama disesuaikan dari kartu pelubang (punch card) dan teknologi pengiriman tulisan jarak jauh (teletype). Pada tahun 1946 komputer ENIAC menggunakan pembaca kartu pembuat lubang (punched card reader) sebagai alat input dan output.

Seperti yang kita ketahui, keyboard pada komputer saat ini berbentuk sama, dengan bentuk persegi panjang, serta kegunaannya pun sama. Tapi perlu kalian tau, tidak semuanya sama, kadang kita saat bermain ke warnet (warung internet) tidak pernah berfikir bahwa keyboard pada warnet memiliki bentuk yang berbeda, karena kita saat ke warnet hanya memikirkan untuk bermain saja tanpa mengetahui sekeliling seputar komputer yang kita mainkan nantinya, hehehe teliti dong.

Untuk saat ini keyboard dibedakan menurut fisik dan sistem koneksinya. Secara fisik,, dikenal ada empat macam keyboard yang banyak digunakan saat ini. Keempat macam keyboard ini didasarkan pada bagaimana cara koneksi keyboard ke CPU seperti berikut.

1. Keyboard Serial

Contoh keyboard serial 


Anak 90-an yang pernah main warnet/komputer pasti tau dengan jenis keyboard yang satu ini. Keyboard jenis ini sangat berbeda dengan keyboard yang ada sekarang ini, dimana space/spasi nya sedikit menukik kebawah dan warna pada keywordnya berwarna-warni. Keyboard jenis ini dapat dihubungkan dengan menggunakan DIN 5 male/lima buah jarum untuk memasukan kabel keyboard ke port komputer, dan biasanya jenis keyboard ini digunakan pada komputer tipe AT.


DIN 5 male adalah 5 buah jarum untuk memasukan kabel keyboard ke port komputer 
2. Keyboard PS/2
Eits, jangan mendang-mentang ada PS/2 nya berarti keyboard ini khusus Playstation 2 ya 😄 wkwk. Keyboard PS/2 yang biasanya digunakan pada komputer ATX dan saat ini yang paling banyak dipergunakan. Pemasangan keyboard tipe ini harus dilaksanakan dengan cerman, sebab port yang dimiliki sama dengan port untuk mouse.


3. Keyboard Wireless
Merupakan keyboard yang sedang populer untuk saat ini, yaitu keyboard wireless, sudah banyak dikembangkan, mulai dari jarak jangkau, maupun segi fisik. Buat yang belum ngerti, keyboard wireless adalah keyboard yang tidak menggunakan kabel sebagai penghubung antara keyboard dengan komputer. Jenis koneksi yang digunakan yaitu infrared, wid, atau bluetooth. Untuk menghubungkan keyboard dengan komputer, dibutuhkan unit pemancar dan penerima. Unit pemancar biasanya terdapat pada keyboard itu sendiri, sedangkan unit penerima biasanya dipasang pada port USB atau seriap pada CPU.

Contoh keyboard wireless

4. Keyboard USB
Keyboard jenis ini sangat banyak digunakan pada saat ini diwarnet-warnet maupun kantor seluruh indonesia. Keyboard USB adalah keyboard yang dihubungkan melalui port USB. Penggunaan konektor USB ini menjamin transfer data lebih cepat dibandingkan konektor jenis lainnya. Komputer yang diproduksi pada tahun tahun terakhir (terutama jenis notebook) biasanya sudah banyak menggunakan keyboard jenis ini.

Kalian juga bisa melihat di warnet-warnet yah, biasanya pemilik memakai keyboard jenis ini, karena lebih ringan saat di ketik, transfer data lebih cepat, dan banyak lagi keuntungan jika menggunakan keyboard jenis ini, hehehe.


Oke sob, itu tadi pembahasan kita mengenai keyboard, sebenarnya gambar pada thumbnail artikel ini adalah keyboard juga, tapi bukan keyboard komputer ya, wkwkwk, sebab kita membahas hanya keyboard komputer, bukan keyboard lainnya seperti keyboard ketik. Nah buat sobat yang mau menambahkan dan jika ada yang ingin ditanya silahkan tinggalkan komentar nya dibawah. Dan untuk sobat yang gamau ketinggalan setiap artikel AnakTKJ bisa langsung subscribe pada kotak berlangganan dibawah ini.

Akhir kata wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

No comments:

Post a Comment