12/9/17

10 TIPS HEBAT UNTUK MEMBUAT KOMPUTER/LAPTOP ANDA MENJADI FAST CONECTION & TIDAK LEMOT (2018)


Dunia untuk sekarang ini sudah banyak manusia menggunakan komputer/laptop untuk melakukan pekerjaannya. Bisa dilihat salah satu contohnya di sekolah, sekarang ini sekolah-sekolah di indonesia sudah banyak yang melakukan Ujian Berbasis Komputer. Maka dari itu, kalian haruslah mengerti tentang kekomputeran, dan belajarnya disini saja, diblog AnakTKJ, hehehe.

So, komputer/laptop yang kalian pakai terasa lemot dan lambat? Itu bisa jadi karena kapasitas penyimpanan yang seharusnya sudah melebihi batas penyimpanan, atau bisa juga komponen komputer kalian sudah jadul dan harus di upgrade agar komputer menjadi sehat kembali dan tidak lemot saat dipakai. Salah satu caranya adalah dengan mengeluarkan uang dan membeli komponen yang baru dengan kapasitas yang hebat.

Cara yang paling ampuh untuk membuat komputer/laptop Anda menjadi tidak lemot adalah dengan membeli komponen yang baru dan memiliki spesifikasi tinggi. Dengan demikian kinerja komputer akan baik sekali karena kehadiran komponen terbaru tersebut. Tapi mungkin sebagian orang enggan mengeluarkan uang untuk membeli itu semua, contohnya yang membaca artikel ini, hahaha modal sedikit dong, ini kan untuk kesenangan Anda sendiri 😄.

Don't worry, pada postingan kali ini saya akan membagikan tips untuk membuat komputer/laptop Anda menjadi fast conect dan tidak lambat/ngelagg kalau bahasa warnet nya. Nah buat kalian nih yang gamau mengeluarkan uang bisa ikuti tips yang saya bagikan ini, memang tidak seampuh dengan membeli komponen baru dengan spesifikasi gahar, tapi nyatanya tips yang saya bagikan work dan komputer Anda akan terasa ringan, walau hanya sedikit. Oke, seperti berikut tips nya.

10. Hapus gadget yang tidak penting pada desktop komputer/laptop kalian
Gadget pada desktop komputer/laptop ternyata dapat mempengaruhi kecepatan pemrosesan komputer. Saya sarankan Anda untuk menghapus semua gadget yang ada pada desktop Anda, dengan demikian proses komputer/laptop kalian akan cepat dan fast respon. Namun jika komputer/laptop kalian memiliki spesifikasi gahar, gadget-gadget ini tidak akan mengganggu kinerja komputer/laptop kalian.



9. Hapus folder yang tidak penting untuk memberikan ruang yang lega
Folder yang tidak penting mending sobat hapus aja deh, daripada dibiarkan, bisa bikin sesak penyimpanan. Jika sobat mendownload game atau semacamnya, dan folder itu akan bersanding pada folder yang tidak perlu tersebut, akibatnya media penyimpanan pun menumpuk dan sesak. Saya anjurkan langsung saja hapus folder yang tidak perlu tersebut.



8. Segera hapus juga sampah pada Recylce Bin sebelum menumpuk
Setelah kalian menghapus folder yang tidak penting, ternyata folder tersebut tidak langsung hilang. So, dimana folder itu? Ternyata folder tersebut masih tersangkut/tertampung pada tong sampah Recycle Bin, yang nantinya akan terus menumpuk jika tidak segera dihapus, dan sangat mempengaruhi ruang penyimpanan serta kecepatan komputer/laptop kalian. Bisa kalian lihat pada gambar di bawah ini, jika kita menghapusnya sekali lagi langsung dari Recylce Bin nya, akan nampak kapasitas sampah tersebut yang hingga GB an, wadaw berat sekali kapasitasnya. Nah, jika sudah begitu, saya sarankan untuk menghapusnya segera, dengan demikian komputer/laptop sobat akan sedikit lebih ringan deh, hehehe.



7. Jangan biarkan folder ataupun aplikasi tidak penting menutupi desktop
Salah satu faktor juga nih sob, folder maupun aplikasi ataupun file yang kalian simpan di desktop juga dapat memberikan dampak pada komputer kalian, jika ini dibiarkan terus, komputer/laptop sobat bakalan lemot. Menurut saya sih mending yang ada pada desktop adalah software software yang berguna saja, kalau untuk folder mending di buat rapih, seperti gambar dibawah. Tata folder dengan rapih pada document, jika folder tersebut penting simpan di ruang yang tertutup yang sulit untuk ditemukan, misalnya rar yang diberi password.


Saran saya satu lagi mengenai folder, jika folder sobat banyak dan penting, sebaiknya di kelompokan dengan file rar, dengan demikian, folder sobat ga berantakan dan yang pastinya rapih, serta dapat memberikan ruangan yang lega pada saat ingin membuat folder baru. Lebih hebatnya lagi nih, folder sobat ditaruh dalam flashdisk, dengan demikian ruang penyimpanan yang ada pada Hardisk tidak mengalami keberatan dan dapat memberikan ruang untuk aplikasi.

6. Uninstall software/aplikasi yang tidak begitu penting
Software/Aplikasi tentu sangat berpengaruh pada ruang penyimpanan, banyaknya aplikasi memungkinkan menyempitnya ruang penyimpanan, terutama Hardisk. Saya sarankan Anda menghapus software/aplikasi yang tidak begitu penting, karena jika ruang penyimpanan sudah mencapai batasnya yang ada komputer/laptop Anda menjadi lambat dan ini sangat menjengkelkan.

Menurut saya, jika Anda sedang membutuhkan software/aplikasi yang tidak terpakai tersebut, saya anjurkan saat penginstalan simpan file software tersebut dalam folder dan usahakan untuk bermain rapih, taruh sejajar dengan folder software aplikasi lainnya, jadi saat sudah di uninstall software tersebut, dan dibutuhkan kembali, kita tinggal meng install lagi lewat folder yang telah kita simpan tadi.

5. Buang StartUp yang tidak penting untuk meningkatkan kinerja komputer/laptop
Apa itu StartUp? StartUp adalah aplikasi yang berjalan sendiri tanpa dijalankan oleh kita, so aplikasi ini berjalan ketika kita menyalakan laptop/komputer dan kemudian masuk ke desktop screen secara sendirinya aplikasi ini berjalan sendiri meski tidak kita jalankan.

Banyaknya aplikasi yang kita jalankan secara bersamaan, memungkinkan komputer sulit untuk memainkannya satu persatu, dan terjadilah tabrakan pemrosesan ini, akibatnya komputer/laptop menjadi NGELAG atau lambat. Cara membuang StartUp ini sangatlah mudah, kita tinggal Klik Tombol Start+R > Masukan kata kunci msconfig lalu enter dan pilih tab StartUp nah dengan demikian terlihat tuh aplikasi mana saja yang sedang kita jalankan, hilangkan centang pada aplikasi tersebut dan selesai deh, komputer/laptop yang Anda mainkan sedikit lebih ringan deh, huehehe.



4. Bersihkan debu pada komponen komputer, dan ganti thermal paste pada processor setiap 3 bulan sekali
Pengguna komputer tau dengan keadaan ini, debu memang berbengaruh pada komputer, apalagi debu yang sudah sangat menumpuk pada fan casing prosesor. Ini memungkinkan terjadinya kepanasan pada prosesor karena ruang udara yang sedikit. Kinerja fan casing tentu akan berpengaruh besar pada prosesor, jika fan casing tidak bekerja dengan baik, pendinginan untuk prosesor pun tidak baik, dan disini lah terjadi kepanasan pada prosesor, yang akan berdampak pada kecepatan pemrosesan.




Seperti gambar diatas memperlihatkan debu yang sangat banyak dan menutupi udara, akibatnya kinerja komputer akan melambat karena udara yang masuk hanya sedikit, dan disinilah pemanasan pada komponen komputer terjadi, jika sudah kepanasan dan terjadi lagi dan lagi, komponen komputer akan mengalami kerusakan, dan uanglah yang akan berbicara, huu sayang uang guys ditanggal tua hahaha.

3. Cek virus malware atau sejenisnya setiap bulannya
Virus malware adalah suatu program yang dirancang untuk merusak dan menyusup ke sistem komputer. Malware dapat menginfeksi banyak komputer dengan masuk melalui email, download internet, atau program yang terinfeksi.

Malware tentu akan sangat berbahaya bagi komputer, pada komputer sendiri jika sudah terjangkit virus ini bisa menyebabkan kerusakan komputer hingga pencurian data. Kerusakan pada komputer ini biasanya terjadi pada sistem penyimpanan, malware masuk dan memberatkan kapasitas suatu file yang didownload di internet. Karena seringnya kalian melakukan aktifitas download, bisa jadi malware menghinggapi file yang sedang kalian download, akibatnya masuklah malware kedalam sistem komputer.


Cara mencegah malware masuk ke sistem komputer adalah dengan melakukan pencegahan lewat software pencegah virus, dan sering seringlah untuk mengeceknya, karena dengan sering mengecek virus, semakin cepatlah kita mengambil tindakan. Bisa juga kalian mengaktifkan Firewall pada komputer kalian, cara mengaktifkannya sangat mudah. Klik logo start windows > control panel > System and Security > Windows Firewall > Turn windows firewall on or of. Dan nyalakan windows firewall nya untuk mencegah virus yang masuk secara tidak diketahui. Jika kalian mengaktifkan windows firewall ini, komputer akan mengirimkan pemberitahuan jika terjadi hal yang tidak diinginkan atau hal yang dapat merusak sistem komputer.

2. Install software/aplikasi CCleaner untuk mengoptimalkan kinerja komputer & laptop
Tips dari saya selanjutnya adalah dengan menginstall software CCleaner untuk mengoptimalkan kinerja komputer & laptop dengan antarmuka yang mudah digunakan. CCleaner memiliki segudang manfaat yang baik untuk komputer & laptop Anda, bahkan dalam versi free (gratis) nya saja Anda sudah mendapatkan layanan yang maksimal seperti: mengoptimalisasi ruang penyimpanan, tools system service untuk memanagemen service sistem operasi, optimisasi browser plugin, disk analyzer dan lain lain, yang tentunya akan sangat bermanfaat untuk komputer/laptop Anda.




1. Jika komputer/laptop Anda sudah sangat parah lambatnya, saya sarankan untuk install ulang sistem operasinya
Tips terakhir dari saya nih ya, saya sarankan untuk menginstall ulang sistem operasinya, karena dengan menginstall ulang kembali, kinerja komputer/laptop akan seperti baru lagi, dan semua aplikasi akan disaring kembali untuk mendapatkan kinerja yang maksimal bagi komputer maupun laptop.

Install ulang ini ternyata sangat terbukti, saya juga pakai cara ini. Karena dengan memakai cara ini kita bisa mengulangnya dari awal, dan mendapat pelajaran agar menjaga komputer/laptop kalian agar tetap maksimal.


Oke sobat, itu tadi tips yang dapat saya sarankan kepada Anda pengguna komputer & laptop. Namun sebelum saya mengakhiri ini semua ada satu tips lagi nih yang paling ampuh. Seperti yang sudah saya katakan, dengan membeli komponen baru yang memiliki spesifikasi baik serta terbarukan. Dengan demikian kinerja komputer maupun laptop seperti baru lagi meski usianya sudah tahunan.

Well, mungkin itu aja yang dapat saya sarankan kepada Anda, jika komputer/laptop kalian masih lambat dan lemot, silahkan tinggalkan komentar kalian dibawah, dan saya akan menjawabnya dan bersama sama kita mencari jalan keluarnya. Sekian dan terima kasih sudah membaca artikel ini, klik tombol share untuk berbagi.

No comments:

Post a Comment