11/26/17

Pengertian, Kegunaan, & Tipe-Tipe RAM (Random Access Memory) Pada Komputer Yang Perlu Kamu Tau.!!


Pengertian RAM (Random Access Memory)
RAM (Random Access Memory) adalah sebuah perangkat keras dalam komputer yang merupakan sebuah tipe penyimpanan komputer yang isinya dapat di akses dalam waktu tetap tidak memperdulikan letak data tersebut dalam memori. Letak RAM bisa kita jumpai dalam kehidupan komputer kita, RAM tertancap pada motherboard, bisa kita lihat seperti gambar dibawah ini.


Nah sudah tau kan RAM berada letak di sebelah mana, tapi sebenarnya RAM terletak berbeda beda, jika tipe motherboard nya pun beda. So itu tadi pengertian RAM, sekarang kita lanjut ke fungsi dari RAM, oke.

Kegunaannya
Kegunaan RAM adalah untuk membantu kinerja suatu komputer yang sedang dijalankan, dengan adanya RAM ini, kinerja komputer akan sangat terbantu, karena adanya ruang penyimpanan sementara.

Contoh dari ruang penyimpanan sementara ialah, ambil contoh saja seperti Anda sedang mengetik dalam MS Word, tiba tiba komputer/laptop blank atau mati, namun tulisan yang kita ketik di MS Word belum tersimpan dalam flasdisk, nah disinilah peranan RAM, saat kita hidupkan kembali komputer/laptop dan kembali ke MS Word, tulisan yang kita ketik masih ada dan bisa di munculkan kembali.

Kegunaan lain dari RAM ialah sebagai media pemercepat proses data pada komputer. so, bila komputer kalian terasa lambat itu merupakan faktor dari RAM nya, karena semakin besar kapasitas RAM yang kalian gunakan, semakin cepat pula kinerja pemrosesan data nya, begitu pula sebaliknya.

Tipe-Tipe RAM Saat Ini
RAM pada komputer pada saat ini memiliki 4 Tipe, yaitu DDR1, DDR2, DDR3 & DDR4. Masing masing RAM memiliki perbedaan, dari segi fisik maupun segi kapasitas, makin besar kapasitas RAM, makin cepat pula kinerja suatu komputer. Berikut tipe-tipe RAM pada saat ini.


DDR 1
DDR1 hadir pada tahun 2002, ini sebagai generasi pertama RAM DDR dalam dunia komputer. RAM DDR 1 memiliki kecepatan akses sekitar 200-400MHz, cukup cepat untuk ukuran generasi saat itu.

DDR 2
Menjelang tahun 2004, teknologi CPU terus di tingkatkan, begitupula dengan RAM yang pada saat itu ikut di kembangkan. RAM DDR 2 ini cukup populer pada saat itu, karena saat itu banyak pengguna komputer yang menggunakan prosesor lebih dari pentium 4, so jika masih menggunakan RAM tipe DDR 1 tapi prosesor sudah naik dari pentium 4, kecepatan akses komputer akan lambat atau ketinggalan jaman istilah nya, hahaha. DDR 2 memiliki kecepatan akses sekitar 400-100MHz lebih cepat dari generasi pertama.

DDR 3
DDR 3 hadir setelah pengembangan DDR 2 yang sudah populer dan banyak di pakai pada saat itu. RAM tipe ini masih banyak digunakan hingga saat ini, banyak dari kita bahkan masih menggunakan RAM tipe ini, karena harga nya relatif murah dan masih bertenaga untuk dapat memberikan kinerja baik pada komputer. RAM tipe ini memiliki kecepatan akses yang lebih besar dari sebelumnya, yaitu bisa sampai 2000MHz.

Sebuah cerita: Saya masih ingat ketika membeli RAM tipe ini, karena pada sebelum nya saya menggunakan DDR 2. Ketika saya ingin memasang RAM ini, ternyata tidak pas pada motherboard, jadi saya bingung dan menelpon ke tukang penjual nya, setelah di jelaskan ternyata notch RAM ini agak bergeser lagi ke pinggir dari DDR 2, jadi mobo juga harus ikut di ganti karena perkembangan komputer terus maju dan berevolusi, wah sungguh katro saya pada saat itu, hahaha.

DDR 4
Seperti kata pepatah, "Dunia ini akan terus berubah, namun hanya satu yang tidak berubah, yaitu Al-Quran" Ternyata kata kata itu benar. Dunia ini telah banyak berubah dan berevolusi, bahkan manusianya pun berevolusi. Begitupula dengan komputer, banyak generasi komputer yang telah di kembangkan hingga saat ini, begitupun dengan RAM, DDR 4 hadir di tahun 2014, sebenarnya pengembangan RAM tipe ini sudah cukup lama. Tampaknya butuh waktu yang lama untuk dapat menciptakan RAM tipe ini.

RAM DDR 4 ini memiliki fisik dan kapasitas yang sangat berbeda dari generasi sebelumnya, RAM tipe ini memiliki kecepatan akses hingga 2000-4000MHz, wow.

Well, Perkembangan komputer semakin maju, dan dunia ini pun semakin canggih, saya berpikir masyarakat indonesia 10 tahun kedepan mau jadi apa? RAM saja sudah banyak berkembang masa iya kita belum bisa menciptakan 1 saja komponen komputer yang dapat di produksi oleh negara kita sendiri. Sebaiknya pola pikir kita harus berubah, bagi orang tua sebaiknya jangan membandingkan anak mu dengan zaman mu, karena dalam salah satu kitab ada kata-kata mengatakan "Didiklah anakmu di zaman nya" Inilah yang saya pikirkan, jika orang tua sekarang mendidik anaknya dan membandingkan dengan zaman sekolah orang tua dulu, itu sudah salah. Jadi kita harus mendidik anak kita dizaman nya agar tidak ketinggalan zaman. Masa iya ketika orang dari negara lain ke indonesia dan bingung kenapa masyarakat negara ini tidak mengetahui apa apa, dan akhirnya jadi budak di negri sendiri. Ambil contoh saja Anda sekarang bekerja di perusahaan mana? Lihat lah, perusahaan itu adalah milik orang dari negara lain, dan ini menjadi contoh bagi kita yang menjadi budak di negri sendiri. Ini merupakan faktor mengapa kita tidak memiliki pengetahuan sama sekali untuk bersaing dan bersaing.

Oke mungkin itu saja artikel dan sedikit curhatan hati saya yang bisa saya bagikan lewat artiel ini. so, terus maju bangsa ini dan berkarya lah tanpa rasa takut, sekian dan terima kasih.

No comments:

Post a Comment